お悩み

Cara menyeimbangkan hormon

ホルモンバランスの整え方

Bagi wanita, "hormon wanita" memiliki dampak yang signifikan terhadap kesehatan fisik dan mental mereka.

Keseimbangan hormon semakin banyak dibahas di majalah dan TV, tetapi apa peran hormon wanita?

Apa peran hormon wanita? Cara menjaga keseimbangan hormon, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kehidupan sehari-hari, dan kebiasaan diet juga akan diperkenalkan.


Apa itu hormon wanita?

Kesehatan wanita sangat terkait dengan dua hormon, estrogen dan progesteron, yang dikeluarkan sesuai dengan siklus menstruasi.

Estrogen juga disebut hormon folikel.

Ini adalah hormon yang sekresinya meningkat dari akhir menstruasi hingga ovulasi.

Hormon ini terlibat dalam perkembangan tubuh wanita, seperti warna kulit dan kilau rambut, dan juga memiliki efek yang signifikan pada aspek mental wanita.

Progesteron juga disebut progestin.

Sekresinya meningkat selama fase luteal, dari ovulasi hingga menstruasi, dan fungsinya termasuk meningkatkan suhu tubuh dan menebalkan endometrium sebagai persiapan untuk pembuahan.

Ketika kedua hormon wanita ini tidak berfungsi secara normal, atau ketika mereka meningkat atau menurun lebih dari normal, itu disebut "ketidakseimbangan hormon" yang mempengaruhi tubuh dan pikiran.


[Masalah yang unik bagi wanita

Ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan periode menstruasi yang tidak teratur, seperti siklus menstruasi yang tidak konsisten, menstruasi beberapa kali dalam sebulan, dan menstruasi yang terlewat.

Masalah yang berhubungan dengan rahim, seperti pendarahan yang tidak teratur secara terus menerus, dan masalah yang dapat menyebabkan ketidaksuburan, seperti kesulitan menanamkan sel telur yang telah dibuahi, juga dapat terjadi.


Masalah yang berhubungan dengan kecantikan

Kelenjar hipofisis pada otak, yang mengontrol hormon wanita, juga terkait dengan sistem saraf otonom dan dapat menyebabkan kulit kering, kasar, dan kusam.

Hal ini juga sering menyebabkan masalah seperti sakit kepala, sembelit, jantung berdebar-debar, dan gangguan mental seperti lekas marah, cemas, dan insomnia.


Bagaimana cara mengembalikan keseimbangan hormon?

Untuk mengembalikan keseimbangan hormon menjadi normal, penting untuk meninjau kembali gaya hidup Anda sehari-hari.

Hindari pola makan yang tidak teratur atau tidak seimbang.

Penting untuk mencoba mendapatkan keseimbangan yang baik dari nutrisi yang diperlukan: protein, karbohidrat, dan lemak.

Vitamin B6 dan E, kalsium, dan serat makanan diperlukan untuk keseimbangan hormon.

Isoflavon yang terkandung dalam kedelai dan makanan lain dikatakan memiliki fungsi yang mirip dengan estrogen, jadi sebaiknya Anda memasukkannya ke dalam makanan Anda.

Berhati-hatilah untuk menghindari makan berlebihan dan ngemil sebanyak mungkin.

Tidur nyenyak di malam hari juga penting untuk menjaga keseimbangan hormon.

Penting untuk menemukan cara Anda sendiri untuk bersantai, seperti berendam di bak mandi air panas daripada mandi, mendengarkan musik favorit Anda, atau membakar minyak aroma favorit Anda.

Relaksasi akan membantu Anda tertidur lelap.

Olahraga ringan juga penting untuk menjaga keseimbangan hormon.

Menggunakan tangga saat naik dan turun tangga, atau menggerakkan tubuh dengan berjalan-jalan ringan juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan keseimbangan hormon.

Karena hormon wanita memainkan peran utama dalam kesehatan dan kecantikan, ketidakseimbangan hormon dapat mempengaruhi tubuh dan pikiran.

Dengan menyadari dan mengatur keseimbangan hormon Anda, Anda dapat menjalani hidup yang sehat.

Reading next

産後のデリケートゾーンケアについて
誰でもなりやすいデリケートゾーンのトラブル